Rabu, 26 Juli 2017

SIFAT KOLIGATIF

Sifat adalah segala sesuatu yang melekat pada sebuah benda. Diantara sifat-sifat yang sudah dikenal diantaranya sifat fisika dan sifat kimia, namun pembahasan kali ini bukan mengenai keduanya melainkan berhubungan dengan sifat koligatif. Istilah koligatif sendiri berasal dari bahasa Latin yang berarti kolega atau kelompok.
Sifat koligatif adalah sifat yang dipengaruhi oleh jumlah partikel zat terlarut tidak tergantung pada jenis zat terlarut. Sifat koligatif terdiri dari 4 jenis yaitu :
1. Penurunan Tekanan Uap
2. Kenaikan Titik Didih
3. Penurunan Titik Beku, dan 
4. Tekanan Osmosis Larutan. 
Dari pengertian sifat koligatif tersebut dapat disimpulkan jika terdapat 2 larutan dengan jenis zat terlarut yang berbeda namun jumlah zat terlarut yang dimasukkan sama maka akan memiliki tekanan uap larutan, titik didih, titik beku dan tekanan osmosis yang sama.
Untuk dapat lebih memahami sifat koligatif, dapat dilihat pada gambar dibawah ini.


Berdasarkan gambar diatas dapat dilihat air mendidih pada suhu 1000 C. Jika dimasukkan urea dan glukosa ke dalam air tersebut dengan jumlah partikel yang sama 1 mol ternyata kenaikan titik didihnya sama yaitu sebesar 0,180 C, sehingga titik didih untuk kedua larutan menjadi 100,180 C. Lalu mengapa pada NaCl titik didihnya lebih besar, padahal jumlah mol yang dimasukkan  sama yakni 1 mol? 
Hal ini dapat dijelaskan seperti ini, meskipun ketiga larutan urea, glukosa dan NaCl memiliki jumlah mol yang sama 1 mol akan tetapi jumlah partikelnya berbeda. Urea dan glukosa disebut larutan nonelektrolit ( larutan yang tidak dapat terionisasi) sehingga jumlah keduanya di dalam larutan tetap 1 mol, sedangkan NaCl 1 mol disebut larutan elektrolit ( larutan yang dapat terionisasi ) di dalam larutan akan terurai menjadi ion Na+ dan Cl- sehingga jumlah partikel yang berupa ion nya menjadi 2 mol. Oleh karenanya itu, sifat koligatif larutan elektrolit akan berbeda dengan sifat koligatif larutan non elektrolit, meskipun jumlah mol zat terlarutnya sama.

Baca artikel selanjutnya :
Satuan-satuan konsentrasi yang akan digunakan dalam perhitungan Sifat Koligatif

0 komentar:

Posting Komentar