Senin, 02 November 2015

Marie Sklowdoska Curie

Marie Curie lahir di Warsawa, Polandia pada 7 November 1867 dengan nama Manya Sklowdoska. Nama tersebut kemudia berubah menjadi Mania, Marja dan Marya dan akhirnya di Prancis menjadi Marie. Ia tumbuh menjadi anak yang cerdas dan kuat ingatannya. Pada umur 15 tahun, Marie Curie lulus dari Sekolah Menengah dengan nilai tertinggi. Namun, ia terpaksa mencari nafkah pada usia 17 karena orang tuanya miskin. Penghasilannya  ia peroleh dari mengajar privat, sebetulnya ia ingin melanjutkan ke perguruan tinggi, tetapi pada wakti itu gadis dilarang masuk universitas di Polandia. Setelah tabungannya cukup, ia pindah ke Paris dan kulia di Sorbone, salah satu universitas di Paris.

Pada tahun 1898, Marie menemukan unsur Thorium dan menciptakan istilah radioaktivitas. Pada tahun itu pula ia menemukan unsur lain yaitu Polonium dan Radium. Bersama dengan Henry Bacquerel dan Pierre Curie (Suami Marie Curie), ia mendapat hadiah nobel untuk kimia karena menemukan Polonium, Radium dan berhasil mengisolir Radium.

Pada 4 Juli 1934, Marie Curie menghembuskan nafas terakhir pada usia 67 tahun di Savoy, Prancis. Ia menderita kanker darah akibat terlalu banyak terkena paparan sinar radioaktif ketika menyelidiki dan memisahkan radium.

0 komentar:

Posting Komentar