Kamis, 01 Oktober 2015

Sejarah Kimia

Ada yang tidak kenal dengan istilah kimia? saya yakin banyak yang sudah mengenal kimia paling tidak pernah mendengar istilah kimia meski tidak tahu apa sebenarnya kimia. Kata kimia biasa dan terkenal karena pemberitaan di media mengenai "bahan-bahan yang mengandung bahan kimia berbahaya" bukan?. Nah, sebetulnya apakah atau bagaimana sejarah kimia itu?

Sebetulnya kimia sendiri sudah dikenal sejak 4000-an tahun, hal ini diketahui melalui adanya catatan mengenai teknologi : Ekstrasi  logam dari bijihnya, membuat keramik dan kaca, fermentasi bir dan anggur, membuat pewarna untuk kosmetik dan lukisan, mengekstraksi bahan kimia dari tumbuhan untuk obat-obatan dan parfum, membuat keju, pewarna, pakaian, membuat paduan logam seperti perunggu. Teknologi tersebut sebenarnya berhubungan dengan kimia namun waktu itu belum dikenal istilah kimia. 

Pada zaman Yunani kuno, sebetulnya sudah muncul adanya ide mengenai materi ( segala sesuatu yang memiliki massa dan menempati ruang), menurut para ahli pilsafat berpendapat bahwa materi tersusun dari partikel yang lebih kecil yang dinamakan atomos / atom. Namun, karena tidak ditunjang oleh adanya penelitian mendalam sehingga hal tersebut tidak dapat dibuktikan. Ilmu kimia sendiri baru diperkenalkan oleh  ilmuwan muslim, kimia ternyata berasal dari bahasa Arab كيمياء / kimiya (perubahan materi) yang diperkenalkan oleh Jabbir Ibn Hayyan pada tahun sekitar 700-778 M. Dari sanalah muncul istilah alchemi (Latin), chemistry (Inggris), chimie (Perancis), chemie (Jerman), chimica (Italia) dan kimia (Indonesia). Apa yang ditemukan oleh beliau sehingga dijuluki sebagai "Bapak Kimia"?? baca juga artikel "15 tokoh kimia dunia "


0 komentar:

Posting Komentar